Kegalauan saat datang bulan

Kegalauan saat datang bulan

6 min read

Yeay, akhirnya kamu mulai menstruasi! Sebagai anak sekolahan, kamu pasti memiliki beberapa pertanyaan yang sebelumnya tidak pernah kamu pikirkan. Nah, temukan jawaban-jawaban dari kegalauan tentang menstruasi di sini!

Q: Siklus menstruasiku berantakan banget. Apakah Aku baik-baik saja? 

A: Pada umumnya orang-orang akan mengalami menstruasi berikutnya di 25-30 hari setelah hari pertama mereka, tapi ingat semua orang itu berbeda. Ada yang siklusnya lebih pendek atau lebih panjang karena dipengaruhi kesehatan masing-masing. 

Jadi, kamu tidak perlu cemas. Jika siklus menstruasi kamu kurang dari 25 hari atau lebih dari 45 hari, cerita pada orang terdekatmu dan minta tolong mereka untuk mengajakmu ke dokter ya, Charm Girls!

Q: Aku selalu menstruasi setiap 13 hari atau 30 hari. Apakah Aku sakit? Apa Aku harus ke rumah sakit? 

A: Saat pertama kali, siklus menstruasimu memang belum stabil. Menstruasi selanjutnya bisa datang lebih awal ataupun terlambat. Ingat, Charm Girls, semua orang itu berbeda, begitu juga dengan siklus menstruasinya. Nah, beda cerita ketika beberapa tahun ke depan nanti, siklusmu masih berantakan. Segera ceritakan hal ini kepada orang terdekatmu, OK?

Q: Sekalinya Aku menstruasi bisa sampai 10 hari… 

A: Di tahun pertama sejak kamu pertama kali menstruasi, siklus menstruasi kamu mungkin belum stabil. 

Menstruasimu bisa saja selesai dalam waktu 3 hari atau bahkan sampai 10 hari. Waktu menstruasi akan stabil setelah kamu berusia 20 tahun, kok! Jika setiap bulannya kamu masih menstruasi setelah 10 hari atau lebih, mungkin kamu bisa cerita pada orang terdekatmu dan minta tolong mereka untuk mengajakmu ke dokter ya, Charm Girls! 

Q: Menstruasiku selalu bikin repot karena datang dengan tiba-tiba. Bagaimana caranya biar Aku tahu kalau sudah waktunya? 

A: Saat pertama kali menstruasi, waktunya mungkin bisa tidak teratur. Walaupun sedikit ribet, kamu dapat mulai mencatat kapan menstruasi itu datang. Setelah stabil di beberapa tahun ke depan, kamu akan menyadari bagaimana siklus itu berjalan. Perhatikan, selama 2 minggu sebelum menstruasi, keputihanmu akan sedikit mengental dan itulah cara yang baik untuk mengetahui waktu menstruasi akan datang. 

Q: Berapa banyak pembalut cadangan yang Aku harus bawa ke sekolah? Berapa kali Aku harus ganti pembalut saat siang hari? 

A: Tergantung seberapa banyak kamu mengeluarkan darah di hari itu. Saat pertama kali menstruasi memulai siklusnya, darah sering sekali keluar dengan tidak stabil dan kulitmu pasti akan lebih sensitif; itulah alasan kenapa kamu harus mengganti pembalut sesering mungkin di waktu istirahat di sekolah. Kamu harus mengganti pembalutmu sekitar 3-4 jam sekali. Cobalah membawa banyak cadangan pembalut, kalau bisa bawa pembalut yang mampu menyerap lebih baik, ya.

Q: Padahal tidak lagi menstruasi, kok keluar darah sih?! 

A: Keluarnya darah di waktu antar menstruasi disebut dengan ‘intermediate bleeding’, hal tersebut kadang terjadi saat sel telurmu sedang berovulasi. Kamu mungkin akan mengeluarkan darah 2-3 hari sebelum atau setelah menstruasi. Jika darahnya sedikit, kamu dapat bernafas lega. Tapi, jika darah yang keluar terlalu banyak, kamu harus ceritakan hal ini pada orang terdekatmu dan minta tolong mereka untuk mengajakmu ke dokter ya, Charm Girls! 

Q: Bagaimana caranya biar darah tidak bocor ke luar? 

A: Jika ada kesempatan, gantilah pembalut sesering mungkin untuk mencegah kebocoran dan menjaga kulitmu. Kalau masih takut bocor, kamu dapat menggunakan tampon sebagai pilihan. Oh ya, pastikan juga kamu menggunakan pembalut yang besar dan mampu menyerap darah dengan maksimal saat harus duduk dalam waktu lama atau tidur.

Q: Apakah orang lain bakalan mencium bau sesuatu saat aku menstruasi? 

A: Beberapa orang memang khawatir tentang aroma saat mereka mengganti pembalutnya di toilet. Nah, kalau kamu rutin mengganti pembalutmu, tidak perlu takut mereka akan mencium sesuatu kok. Kamu juga dapat mencoba untuk mencari pembalut yang bisa mencegah bau darah menstruasi. 

Q: Katanya kalau lagi menstruasi, kita bisa kena diare? Kok bisa sih? Bagaimana caranya biar Aku nggak kena diare? 

A: Selama menstruasi, perubahan hormonmu bisa saja menyebabkan diare. Sebelum menstruasi dimulai, tubuh akan mengeluarkan hormon yang memperlambat pencernaan dan membuat perutmu begah. Hormon itu akan berkurang saat menstruasi dimulai, kemudian tubuhmu akan mengeluarkan hormon lainnya yang membuat pencernaan bekerja lebih keras. Tada, itulah asal muasal dari diare. 

Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus menjaga suhu tubuhmu tetap hangat. Kamu bisa memakai baju yang lebih tebal atau mencoba menggunakanheating pads”. Mengurangi makanan yang pedas, gula pada buah dan kacang-kacangan juga membantu kamu terhindar dari diare, Charm Girls. 

Q: Duh, darahku banyak banget yang keluar! Bahaya nggak ya?

A: Jika pembalutmu langsung bocor dalam waktu kurang dari satu jam atau aliran darahmu tidak kunjung berkurang setelah 3 hari, mungkin kamu memiliki ‘hypermenorrhea’. Hal tersebut disebabkan oleh keseimbangan hormon dalam tubuhmu dan sering terjadi saat menstruasi pertamamu. 

Hati-hati terkena anemia, Charm Girls. Kamu harus banyak makan makanan yang mengandung zat besi seperti bayam dan ati ampela, juga minum susu untuk protein. Kalau darahmu tidak kunjung mereda, segera pergi ke dokter ya!

 

 

 

 

 

Q: Perutku keram dan kepalaku pusing banget pas lagi menstruasi. Aku boleh nggak minum obat? 

A: Wajar saja jika perutmu terasa kram karena otot rahimmu sedang berkontraksi selama menstruasi. Sebelum kamu meminum obat, cobalah untuk sedikit berolahraga, menghangatkan perut atau minum yang hangat-hangat untuk mengurangi rasa sakitnya. Kalau masih tidak membantu, daripada ditahan lebih baik kamu ceritakan pada orang terdekatmu dan minta tolong mereka untuk mengajakmu ke dokter untuk meminta obat. 

Q: Kenapa sih menstruasi tuh sakit banget? Aku harus apa ya? 

A: Selaput endometrium yang tidak lagi diperlukan akan terlepas dari dinding rahim lalu didorong keluar dari tubuhmu bersamaan dengan sel telur dan darah menstruasi. Saat banyak hormon yang digunakan untuk mendorong keluarnya darah menstruasi dari tubuh, rahimmu banyak banget bergerak, itulah yang menyebabkan perut dan punggung bawah sakit. Perempuan muda dan mereka yang belum melahirkan hanya mempunyai lubang kecil di rahimnya, sehingga darah menstruasi sulit keluar, ini juga hal yang dapat membuatmu merasa nyeri.

Tidak menjaga suhu tubuh tetap hangat dan stres juga menjadi alasan mengapa menstruasi sakit, lho. Tetap tenang, gunakan pakaian tambahan atau heating pads dan makan makanan yang membuat perutmu hangat seperti umbi-umbian atau wortel.

Q: Aku menstruasi di waktu yang sama dengan temanku! Apa ini cuma kebetulan? 

A: Semua orang akan cemas dan deg-degan pada waktu yang bersamaan sebelum pertandingan, ujian atau hari penting. Hal itulah penyebab kenapa menstruasi datang lebih awal atau terlambat. Saat kamu dan temanmu menstruasi di saat yang bersamaan memang terlihat kebetulan, tapi bukan itu kok penyebabnya. Kamu tidak perlu menjauhi temanmu yang sedang menstruasi ya, hehehe.

Q: Kayaknya Aku bakal menstruasi pas karyawisata atau di acara olahraga, deh. Emang ada obat yang bisa menunda siklus menstruasi? 

A: Ada, pil penunda menstruasi yang dapat mengatur waktu ovulasi dengan mengaktifkan hormon-hormon yang berkaitan dengan menstruasimu. Obat ini tidak bisa dibeli tanpa resep dokter, lho. Pil ini tidak berpengaruh kepada semua orang, yang ada malah membuat mereka muntah-muntah. Karena hormonmu belum seimbang hingga beberapa tahun ke depan sejak menstruasi pertama lebih baik kamu menunggu sampai kamu tumbuh dewasa, jadi tubuhmu siap untuk menggunakan obat-obatan seperti itu, ya.