Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!

Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!

4 min read

Makin lama, makin bete! 

Charm Girls memang nggak mudah kalau ngerasain gejala menstruasi berkepanjangan. Rasanya  waktu kerasa lambat banget pas nyeri-nyeri itu menyerang. Mau gimana lagi, sebagai cewek,  menstruasi tuh bagian dari proses pendewasaan tau! 

Kram perut, nyeri badan, dan pegal-pegal bisa jadi gejala menstruasi, namun… Kalo kamu  ngerasainnya terlalu lama bisa jadi kamu mengalami endometriosis, Charm Girls! 

Apa itu endometriosis? 

Endometriosis tuh adalah jaringan yang membentuk lapisan dalam rahim, yang juga tumbuh di  luar rahim. Kondisi ini dapat tumbuh pada organ lain di dalam panggul atau perut, dan dapat  menyebabkan pendarahan, infeksi, dan nyeri panggul. 

Tapi emang gejalanya mirip gejala menstruasi, seperti rasa sakit, kram, dan perasaan terbakar.  Rasa sakitnya bisa cukup ringan, atau bahkan sangat parah hingga kamu nggak bisa beraktivitas  secara normal gitu, Charm Girls. 

Baca Juga : 5 gejala menstruasi yang normal terjadi pada wanita!  

Lah, terus gimana cara tahu Aku punya endometriosis? 

Karena gejalanya mirip gejala menstruasi, itu yang bikin penanganan terhadap endometriosis  menjadi lebih rumit. Oleh karena itu kamu harus mengamati setiap hal yang terjadi pada  tubuhmu, harus rajin yah! Cobain dicatat seperti apa nyeri yang kamu rasakan, di bagian tubuh  sebelah mana, dari skala 1-10; seberapa parah sakitnya, dan untuk berapa lama. So, pas catatan  kamu ngeliatin hasil yang lebih dari gejala menstruasi; saatnya kamu segera bilang papa mama  dan pergi ke dokter, Charm Girls! 

Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!
Endometriosis pada Perempuan 

Meskipun tidak umum, beberapa cewek mungkin mengalami nyeri pas buang air kecil, buang  air besar, diare, mual, muntah, dan perut kembung. 

Semakin cepat endometriosis dideteksi dan ditangani sejak awal, semakin mudah untuk  mengobatinya kok! 

Biasanya dokter bakal ngapain sih? 

Umumnya, supaya tau apa yang terjadi pada gejala menstruasi yang nggak normal itu, dokter  spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi biasanya  punya pemeriksaan untuk memastikan diagnosis endometriosis. Antara lain yakni, pemeriksaan  panggul, pemeriksaan ultrasonografi, MRI, dan laparoskopi!  

Baca Juga : Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan 

Emangnya endometriosis bisa separah apa sih? 

Kamu nggak perlu takut, Charm Girls. Just keep aware aja kok! Endometriosis punya beberapa  tingkat keparahan menurut rasa sakitnya. 

Tahap 1 

Pada tahap ini, dapat dinyatakan endometriosis masih kecil kalau cuma muncul jaringan  endometrium yang kecil dan dangkal di indung telur. Selain itu, peradangan juga dapat terjadi  di sekitar rongga panggul. Serta, adanya jaringan endometrium tersebut menyebabkan rasa  sakit dan organ yang nggak bekerja dengan normal. 

Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!
Endometriosis Kecil 

Tahap 2 

Untuk tahap atau fase keparahan kondisi berikutnya adalah kategori endometriosis ringan.  Seorang cewek dinyatakan mengalami endometriosis ringan, kalo ada jaringan endometrium  yang kecil dan dangkal di indung telur dan dinding panggul. Keberadaan jaringan ini  kemungkinan dapat menyebabkan iritasi selama ovulasi dan atau nyeri pada panggul. 

Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!
Endometriosis Ringan

Tahap 3 

Pada tahap ketiga, yaitu endometriosis menengah, biasanya sih muncul beberapa jaringan  endometrium yang cukup dalam di indung telur menjadi kista cokelat, karena setelah beberapa  waktu, darah di dalam kista menjadi berwarna merah atau cokelat. 

Kalo kista ini pecah, bisa aja ada nyeri panggul banget! 

Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!
Endometriosis Menengah 

Tahap 4 

Ini adalah tahap terakhir penderita nyeri pas gejala menstruasi berkepanjangan yang kondisinya  parah. Pada tahap ini, jaringan endometrium, kista, dan perlekatan terjadi cukup parah.  Endometriosis dapat tumbuh sangat besar pada tahapan ini, dan ditemukan di indung telur,  dinding panggul, saluran indung telur dan usus. 

Endometriosis memang tidak bisa disembuhkan, namun dengan perawatan yang tepat saat lagi  kambuh; kamu bakal baik-baik aja kok, Charm Girls! So, take care ya! 

Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!
Endometriosis Parah