Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

5 min read

Apa dan kenapa sih penyebab nyeri haid bisa terjadi? 

Charm Girls saat menstruasi, beberapa cewek merasakan nyeri. Namun tetap bisa melakukan  aktifitas seperti biasa. Tetapi beberapa cewek mungkin salah satunya teman, sahabat atau  saudaramu merasakan nyeri berlebih sehingga saat menstruasi tidak bisa melakukan aktifitas  apapun. 

Kok bisa nyeri gitu yah? 

Penyebab nyeri haid yang kamu rasain adalah bagian gerakan dari peluruhan dinding rahim pas  lagi ‘dapet’. Gerakan tersebut bisa menekan pembuluh darah yang ada di sekitar rahim  sehingga darah nggak bisa mengalir dengan lancar dan pasokan oksigen jadi keputus.  

Inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepas bahan kimia penyebab nyeri yang disebut  prostaglandin. Prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas dan sakit  kepala yang menyertai nyeri. Cewek yang memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih  banyaklah yang merasakan nyeri lebih hebat dibandingkan yang lain.

Setelah menstruasi selesai, jumlah prostaglandin akan berkurang, sehingga nyeri haid dan  gejala lainnya pun bisa mereda dengan sendirinya deh, Charm Girls! 

Baca Juga : Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?  

Ada kalanya nyeri haid dikatakan wajar, ada juga kalanya harus diwaspadai, Charm Girls! Nyeri haid atau biasa disebut dismenorea terbagi menjadi dua jenis, yaitu dismenorea primer  dan dismenorea sekunder. Penyebab nyeri haid terjadi karena adanya perubahan hormon yang  terjadi selama kamu datang bulan. Dismenorea primer merupakan hal yang sering terjadi atau  umum terjadi pada wanita saat haid.  

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan
Penyebab Nyeri Haid Berlebih 

Nyeri yang dirasakan pada perut bagian bawah atau di bagian belakang perut. Gejalanya juga  berlangsung sebentar dan rasa sakit akan berkurang seiring bertambah usia. Dengan nyeri ini  kamu masih bisa beraktifitas seperti biasa, walaupun tetap menjaga pola makan dan istirahat  yang cukup. 

Sedangkan dismenorea sekunder bukan karena ada perubahan hormon. Namun terdapat  gangguan atau masalah pada organ reproduksi. Rasa nyeri yang dirasakan begitu sakit, sehingga  sulit sekali melakukan aktivitas seperti biasa dan rasa nyeri berlangsung lama. 

Ada penyakit lainnya? 

Biar kamu tahu aja nih, penyebab nyeri haid berlebihan ada macam-macam. Kira-kira ada  penyakit yang seperti ini. Beberapa terdengar sangat serem sih, semoga ini bikin kamu selalu  waspada, ya, Charm Girls! 

Endometriosis 

Keadaan ketika sel – sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luarnya, seperti ovarium  atau tuba falopi. Sel inilah yang menyebabkan rasa sakit hebat saat meluruh, Charm Girls.

Baca Juga : Ini penyebab nyeri menstruasi dan cara mengatasinya!  

Radang Panggul 

Yang satu ini cukup bahaya, lho! Ini adalah infeksi yang bisa mengakibatkan inflamasi rahim,  ovarium dan tuba falopi. 

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

Adenomiosis 

Lapisan jaringan paling dalam dari rahim yang mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim,  menimbulkan nyeri saat haid. 

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

Fibroid 

Seperti benjolan atau tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim.

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

Stenosis leher rahim 

Pembukaan pada leher rahim yang kecil pada sebagian wanita, hingga membatasi aliran darah  untuk keluar saat haid. 

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

Kamu suka ngerasain nyeri haid? Coba lakukan hal ini! 

Setelah tau beberapa penyebab nyeri haid, kamu juga harus tahu cara untuk meringankannya  dong! Kan sebagai cewek, pastinya kamu punya hal-hal seru yang sayang banget untuk  dilewatkan. Let’s be better

1. Olahraga 

Orang lagi sakit kok disuruh olahraga? Jadi, olahraga tuh bisa meningkatkan sirkulasi darah dan  melepaskan endorfin, bahan kimia otak yang bisa bikin bahagia. Apa pun pilihan kamu, mau  berjalan atau berlari, yang penting tubuh bergerak. Yoga juga bisa membantu meredakan  ketidaknyamanan. 

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan
Olahraga Saat Nyeri Haid

2. Kompres hangat 

Meletakkan sesuatu yang hangat seperti botol isi air hangat ke perut bisa bikin nyeri pergi jauh jauh! Hangatnya bisa bikin otot rileks, kan otot yang kaku bikin kram. 

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan
Kompres Hangat 

3. Teh herbal 

Teh seperti peppermint dan kamomil sering kali efektif dalam meredakan nyeri karena  menenangkan tubuh. Enak banget minum teh hangat sambil santai, bikin mood jadi bagus juga!  Kamu bisa siap balik beraktivitas deh! 

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan
Teh Herbal 

Baca Juga : Memahami masa menstruasi, jumlah darah yang keluar, siklus, dan nyeri  menstruasi  

4. Makan ceri dan yogurt 

Kalo pengen ngemil, cobain ngemil buah-buahan deh! Ceri, labu, paprika, dan tomat memiliki  sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi rasa sakit atau almond, bayam, yoghurt, juga  selai kacang juga kaya akan magnesium yang membantu meredakan rasa sakit. Selain itu,  makanan kaya zat besi seperti ayam, ikan, sayuran berdaun hijau juga penting selama  menstruasi. Hindari makanan bergula, asin, dan berlemak karena dapat memperburuk kondisi.  

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan
Hilangkan Nyeri Haid dengan Konsumsi Buah Anti Inflamasi 

5. Minyak esensial 

Memijat dengan minyak esensial seperti lavender, mawar, kayu manis, cengkeh, sage, dan lain lain dapat membantu mengurangi nyeri haid. Teteskan di tangan lalu pijat dengan gerakan  memutar selama lima menit setiap hari untuk mengurangi kram dan meningkatkan sirkulasi  darah di area tersebut. 

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan
Hilangkan Nyeri dengan Minyak Essential

Segera hubungi dokter! 

Sekiranya kamu ngerasain nggak ada penyebab nyeri haid yang sesuai gejalamu tapi sakitnya  nggak tertahankan; please segera kasih tau sama orang tua agar kamu bisa mendapat bantuan  secepat mungkin; ajak mereka untuk menemui dokter.  

Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan
Bila Nyeri Haid Tak Tertahankan Segera Hubungi Dokter 

Nyeri haid yang berlebihan bisa jadi pertanda kesehatan kamu dan ngaruh banget di masa  depan! 

So, take care ya, 

Charm Girls!