Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?

Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?

4 min read

Ketika bicara tentang menstruasi, tiap cewek emang unik! 

Apa yang disebut menstruasi? Setiap bulan tubuh kamu akan menghasilkan sel telur dari indung  telur yang disebut ovulasi. Kalo nggak dibuahi, kamu bakal mengalami menstruasi; peluruhan  dinding rahim gitu! 

Nah, tiap cewek sih punya siklus menstruasi masing-masing, ada yang lebih cepat, lebih  panjang, jumlah darah lebih banyak, dengan dan tanpa nyeri haid. Tapi bagaimana sebenarnya ciri-ciri menstruasi yang normal? 

Yuk, coba lihat tabel perbandingan berikut ciri-ciri menstruasi normal, Charm Girls!

Baca Juga : Apa itu menstruasi, apa yang tidak boleh dilakukan?

Normal 

Mulai menstruasi pertama:  

Sebagai cewek kamu akan mendapatkan menstruasi di usia 11-14 tahun.  

Siklus menstruasi: 

Biasanya apa yang disebut menstruasi yang normal pada cewek memiliki siklus haid antara 25- 38 hari dengan variasi normal sampai 3 hari tiap siklusnya. 

Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Ciri-ciri Menstruasi Normal 

 Tidak Normal 

Mulai menstruasi pertama: 

Menstruasi pertama itu nggak normal apabila datang terlalu cepat; saat kamu berumur 9-11  tahun atau terlalu lama; saat kamu berumur 14-17 tahun. 

Siklus menstruasi: 

Yang nggak normal apabila kamu menstruasi sebulan hingga dua kali; menjadi lebih cepat dari  25 hari. Ada yang lebih panjang dari 38 hari.

Normal 

Jumlah darah: 

Selama 2 hari hingga satu minggu, darah akan keluar sekitar 30–70 mililiter. Normalnya sih  kamu akan menghabiskan 3-4 pembalut sehari, tanpa pembalut harus menjadi penuh. 

Lama Menstruasi: 

Durasi lama haid yang normal adalah sekitar 3-7 

Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Jumlah Darah Normal Saat Menstruasi 

Tidak Normal 

Jumlah Darah: 

Kalo darah kamu ternyata lebih sedikit; atau malah seperti flek berwarna coklat yang ada di  pakaian dalam. Nggak normal juga apabila darahnya terlalu banyak; sampai kamu merasa lemas  dan pembalut selalu bocor.  

Lama Menstruasi: 

Jika menstruasi terjadi cuma sehari atau lebih dari seminggu; maka kamu harus lebih aware yah!

Normal 

Aroma darah menstruasi: 

Wanginya memang khas logam, ciri-ciri menstruasi normal tapi seharusnya bau darah tidak  amis seperti bau ikan. 

Warna darah: 

Menstruasi normal seharusnya berwarna merah terang, seperti buah ceri ranum. Warna merah  terang biasanya paling terlihat pada hari pertama dan kedua menstruasi aja, Charm Girls. 

Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Bau Darah Haid yang Normal 

Tidak Normal 

Aroma darah menstruasi: 

Bau darah haid yang tidak normal, amisnya benar-benar sampai menusuk hidung. Gak enak  banget deh! 

Warna darah: 

Kalo warna darah adalah merah muda, orange, cokelat muda atau tua atau bahkan abu-abu.  Berarti ada yang salah, kamu harus segera cek ke dokter, ya!

Normal 

Kekentalan darah: 

Terkadang memang keluar darah berupa gumpalan, masih normal, tidak perlu khawatir. 

Gejala PMS atau Premenstrual Syndrome: 

Rasa nyeri dan mood yang naik turun adalah ciri-ciri menstruasi normal; termasuk perubahan  emosi (marah-marah), nyeri payudara, berjerawat, nafsu makan meningkat dan mudah lelah.  Nggak ngerasain PMS juga normal, kok! 

Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Ciri-ciri Darah Haid yang Normal 

Tidak Normal 

Kekentalan darah: 

Kalo kamu menemukan banyak gumpalan di pembalut pas lagi dapet dalam jumlah yang  banyak. 

Gejala PMS atau Premenstrual Syndrome: 

Kalau kamu ngerasain PMS yang sakit banget; sampai nggak bisa beraktivitas dan bangun sejam  sekali. Kamu harus segera ke dokter, yah!

Normal 

Rasa kram: 

Kram adalah bagian normal selama menstruasi. Kondisi ini disebabkan oleh kontraksi uterus  yang mendorong keluar lapisan uterus. Kram biasanya dimulai satu atau dua hari sebelum haid  dimulai, dan berlangsung selama dua hingga empat hari. 

Nyeri payudara: 

Payudara kamu mungkin terasa sedikit lunak selama menstruasi karena naik turunnya kadar  hormon.  

Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?
Ciri-ciri Nyeri Haid yang Normal 

Tidak Normal 

Rasa kram: 

Kalo lebih dari itu, sakit berlebihan yang disebut dismenore. Mungkin karena fibroid,  penggunaan IUD, endometriosis, adenomyosis, penyakit radang panggul (PID), dan penyakit  menular seksual (PMS).  

Nyeri payudara: 

Kalo setelah masa menstruasi, payudara kamu masih berasa nggak nyaman; berarti ada yang  salah!

Begitulah! 

Kini Charm Girls bisa lebih mengetahui apa yang disebut menstruasi dan juga bagaimana ciri ciri menstruasi normal dan mana yang tidak. Charm Girls bakalan lebih sigap untuk segera  minta pertolongan orang dewasa dan dokter! Menstruasi bagi wanita adalah proses panjang;  jadi kamu harus lebih peduli dengan apa yang terjadi ya! Cintai dirimu sebelum kamu bisa cintai  orang lain.