Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?

5 min read

Vagina sakit gara-gara nyeri haid merupakan salah satu keluhan umum yang dialami perempuan saat menstruasi. Kram pada perut adalah gejala umum yang sering terjadi, namun  beberapa juga merasakan sakit pada vagina saat haid. Dalam dunia medis, nyeri haid punya  sebutan yaitu dismenore. Walaupun gejalanya mirip dengan premenstrual syndrome atau PMS,  ternyata keduanya cukup berbeda loh, Charm Girls. 

Menjelang menstruasi, tubuh mengalami berbagai perubahan salah satunya adalah hormon  estrogen yang nggak seimbang. Hormon ini berperan besar dalam tubuh perempuan, mulai dari  membantu merangsang permulaan menstruasi, perkembangan payudara, hingga kematangan  rahim. Selain itu, hormon estrogen juga mempengaruhi produksi endorfin dan serotonin yang  berperan dalam mengelola suasana hati. 

Nah, saat tubuh memasuki masa subur dan tidak mengalami pembuahan, kadar estrogen dalam  tubuh menjadi turun lalu memproduksi hormon stres kortisol dalam jumlah tinggi sehingga  menimbulkan berbagai gejala PMS yang mengganggu fisik dan psikologis, seperti perubahan  mood hingga tubuh yang lesu atau kram di area perut dan pinggul.

Lalu apa ya bedanya dengan dismenore? 

Gejala dismenore memang mirip dengan PMS, namun dismenore umumnya hanya mencakup  gejala fisik. Dismenore ditandai dengan nyeri atau kram pada perut bagian bawah yang muncul  beberapa hari sebelum atau di awal masa menstruasi. Nyeri di perut bagian bawah ini bisa  menyebar ke area tubuh di sekitarnya, itulah alasan kenapa terkadang vagina sakit saat haid. 

Baca Juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan dismenore atau nyeri haid, salah satunya adalah  kontraksi otot rahim yang menimbulkan rasa nyeri. 

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?
Penyebab Nyeri Haid Sakit Hingga Vagina 

Saat haid, rahim berkontraksi lebih kuat daripada biasanya untuk meluruhkan lapisannya yang  menebal dan mengeluarkan darah haid. Proses kontraksi untuk mengeluarkan darah  menstruasi ini bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar rahim tertekan sehingga jaringan  otot sulit mendapat oksigen. Rendahnya asupan oksigen di area rahim inilah yang menjadi  penyebab nyeri haid di area perut hingga vagina. 

Selain itu, saat haid tubuh juga ikut melepaskan hormon prostaglandin yang berfungsi  membantu otot rahim untuk kontraksi dan mengeluarkan darah. Nah, hormon ini juga memicu  rasa sakit dan peradangan. Hormon ini juga bisa menyebabkan rasa mual sehingga dalam  beberapa kasus, perempuan yang mengalami nyeri haid juga mengalami rasa mual dan muntah. Nyeri haid juga lebih mungkin terjadi pada perempuan berusia di bawah 20 tahun, belum  memiliki anak, perokok aktif, siklus menstruasinya nggak lancar, atau memiliki kebiasaan  merokok.

Nyeri haid yang disebabkan kontraksi rahim ini merupakan jenis dismenore primer yang wajar  dialami oleh perempuan. Ada juga jenis dismenore sekunder yang perlu diwaspadai karena  disebabkan oleh penyakit lebih serius, seperti infeksi bakteri hingga tumor. Namun jika kamu  nggak mengalami keluhan lebih lanjut, nyeri haid atau dismenore ini merupakan hal wajar yang  bisa kamu atasi. 

Baca Juga : Nyeri haid dirasakan pada payudara, normalkah? 

Lalu gimana cara menghilangkan rasa sakit pada area vagina saat haid? Tenang aja, kamu bisa  lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi gejala nyeri haid yang kamu alami. 

1.Banyak minum air putih 

Baiknya dalam 1 hari mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter. Dianjurkan meminum air putih  hangat sih. Manfaat minum air putih hangat saat haid bisa membantu meringankan nyeri haid  Charm Girls lho! Karena dapat meningkatkan aliran darah dan juga merilekskan otot rahim  kamu. 

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?
Hilangkan nyeri haid dengan kompres 

2.Kompres perut dengan air panas 

Mengompres perut atau bagian tubuh yang sakit dengan air panas mampu meredakan rasa  nyeri. Kamu bisa menggunakan botol yang diisi air panas atau handuk yang direndam di air  hangat, lalu ditempelkan di perut dan bagian tubuh sekitarnya. Hal ini bisa mengendurkan otot otot yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit. Selain itu, rasa hangat juga bisa membuat  kamu lebih rileks lho! 

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?
Pijat dengan minyak essential saat nyeri haid

 3.Rajin ganti pembalut minimal 3-4 Jam sekali 

Sakit pada vagina saat haid bikin ganggu, untuk memberikan kenyamanan. Pastikan Charm Girls  mengganti pembalut 3-4 jam sekali. Gunakan pembalut yang memiliki ukuran sesuai dan bahan  yang lembut. Hal ini menjaga agar tidak menimbulkan iritasi kulit seperti bintik-bintik merah  ataupun gatal karena pemakaian pembalut yang terlalu lebar atau akibat pembalut yang lama  tidak diganti. 

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?
Ganti Pembalut 3-4 Jam Sekali

4.Memijat dengan minyak esensial 

Manjakan tubuh kamu dengan memijat lembut area yang sakit dengan minyak esensial. Pijat  dengan gerakan memutar bisa mengurangi rasa nyeri, meningkatkan peredaran darah, serta  menghilangkan rasa tegang pada otot. Nah, menggunakan beberapa tetes minyak esensial juga  membantu kamu lebih rileks dan nyaman. Terdapat beberapa wewangian minyak esensial yang  direkomendasikan untuk membantumu lebih tenang, seperti aroma peppermint dan  chamomile. 

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?
Pijat dengan minyak esensial saat nyeri haid 

5. Pastikan vagina tetap kering  

Setelah dari toilet, pastikan basuh vagina dengan bersih dan juga mengeringkanya dengan  menggunakan handuk kecil ataupun tisu. Hal ini dilakukan agar vagina tidak semakin lembab,  terlebih saat haid. 

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?
Jaga Vagina Tetap Kering

6. Tetap bergerak aktif 

Walaupun masa menstruasi sering bikin bad mood dan malas bergerak, olahraga ringan justru  bisa meringankan rasa nyeri haid yang kamu alami loh! Kamu bisa melakukan peregangan  ringan, jalan kaki santai, atau yoga.  

Dengan tetap aktif bergerak, tubuh kamu akan memproduksi endorfin yang bisa mengurangi  rasa sakit dan memperbaiki suasana hati. Jika kamu sudah melakukan hal-hal di atas dan rasa  nyeri haid yang kamu alami berlangsung lebih lama atau nggak kunjung membaik, kamu bisa  konsultasikan ke orang tua agar ditangani langsung oleh tenaga profesional ya Charm Girls!  

Kenapa nyeri haid terasa sakit hingga vagina?
Olahraga Ringan