Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel

Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel

5 min read

Charm Girls, apa sih hal yang kamu lakukan kalo lagi PMS sebelum dapet? 

Cara mengatasi nyeri haid dengan rebahan seharian buat Charm Girls yang aktif kayanya sih  enggak banget yah! Ternyata untuk mengatasi nyeri kamu bisa banget melakukan beberapa  gerakan-gerakan simpel. 

Cara yang umum dilakukan untuk mengurangi nyeri biasanya dengan memberikan minyak  hangat di area nyeri, mengkompres dengan air hangat atau jajan makanan yang asin, pedas  atau makanan yang berminyak. 

Sebenarnya nggak masalah, tapi baiknya sih untuk camilan hindari dulu jajanan yang terlalu  asin, pedas maupun berminyak agar tidak semakin merasa nyeri diperutmu. 

Baca Juga : Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya  

Hal paling penting lainya sih kamu harus tetap menjaga kebersihan organ intim dengan  mengeringkan vagina setelah buang air kecil dan mengganti pembalut secara berkala. 

Gerakan-gerakan simpel yang dapat dilakukan mengurangi nyeri ini bisa banget kamu lakukan  di kamar atau di teras rumah sambil menghirup udara segar. Memang untuk memulainya di  awal mager banget tapi setelah beberapa kali mengikuti gerakan ini pasti kamu akan ketagihan.  Pokoknya bye-bye nyeri haid! 

Langsung aja, mulai lakukan gerakan di sela aktivitasmu! 

Nah gak perlu mikir dua kali buat lakuin gerakan simpel atasi nyeri haid Charm Girls! Karena  gerakan ini simpel banget kok… Kamu bahkan bisa lakuin kegiatan ini di sela-sela aktivitasmu..  Yuk dicoba, Charm Girls! 

1. Pose jadi gunung 
Cara mengatasi nyeri haid pertama dengan berdiri mengikuti pose pada gambar. Pose jadi  gunung ini pastinya gampang banget untuk dilakukan Charm Girls! Untuk memulai, tempatkan  kaki kamu di posisi yang tepat.  

Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel
Gerakan Gunung 

Di atas matras, berdirilah dengan kedua kaki kamu bersama-sama, sehingga jari-jari kaki kamu  hanya menyentuh dengan cara yang terasa alami dan tidak tegang. Tumit kamu harus agak  terpisah, ya, Charm Girls. Pastikan kaki kamu membawa berat badan kamu secara merata  sehingga kamu merasa nyaman dan seimbang di kaki.  

Lalu angkat kedua tanganmu dengan terbuka di samping kepala secara perlahan sambil tarik  nafas sebanyak 10 hitungan; lalu buang nafas sambil mengembalikan tanganmu ke posisi  semula. Ulangi sebanyak 5 kali aja, Charm Girls! Next!

Baca Juga : Aktif berolahraga walaupun lagi ‘dapet’  

2. Wide Child Pose 
Siapa yang suka merasa sakit punggung saat lagi dapet? Nah, wajib coba cara mengatasi nyeri  haid kedua ini. Karena, gerakan yang satu ini bisa melepaskan ketegangan di punggung, bahu  dan leher. Gerakan ini dalam yoga disebut sebagai wide child pose. 

Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel
Wild Child Pose

 Pertama atur lutut di lantai, lebarkan keduanya hingga jarak yang nyaman buat kamu. Lalu, lipat  tubuh ke depan, rentangkan lengan kamu di depan; anggap aja seperti mau ngambil sesuatu  gitu, Charm Girls! 

Kemudian, pastikan kepala kamu nengok ke satu sisi yang kamu suka, tahan lima napas. Putar  kepala untuk menghadap ke sisi sebaliknya dan tahan 5 napas lagi. Boleh diulangi selama 5 kali,  kok! 

Saat melakukan gerakan ini, atur naik turunnya nafas kamu ya, Charm Girls. Pastikan juga kedua  lutut terpisah jauh, sehingga perut akan lebih nyaman saat berada diantaranya.

3. Cat Pose 
Yes, cat pose ini bisa mengatasi nyeri haid kamu, lho! Nggak cuma bermanfaat bagi peregangan  leher dan tubuh bagian atas saja, otot perut dan tulang belakang akan berasa dipijat gitu!  Peredaran darah menjadi lancar, nyeri haid pun hilang! 

Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel
Cat Pose Mengatasi Nyeri Haid 

Cara cat pose ini mudah, pertama kamu harus simpan semua beban pada kedua lutut dan  telapak tangan. Pastikan tangan lurus sejajar bahu dan lutut di bawah pinggul. Lalu, ambil napas  dalam-dalam, kemudian turunkan dagu perlahan menuju dada, sejauh yang kamu bisa. Pastikan kamu melengkungkan punggung seperti kucing yang meregangkan tubuhnya dan  buang napas saat kamu bangkit dari posisi. Boleh diulangi 3-5 kali, loh, Charm Girls!

4. Pose rebahan plus-plus 
Nah, cara mengatasi nyeri haid ke empat ini mirip banget sama rebahan; cuma ditambah sedikit  posisi kaki aja, Charm Girls. Gerakan ini gampang banget dilakukan dan membuat otot  punggung dan perut bagian bawah jadi lebih rileks. Oh iya, gerakan ini juga bisa menenangkan  pikiran dan mengurangi kecemasan. Bye, overthinking! 

Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel
Pose Rebahan Plus-Plus 

 Caranya simple banget, pertama berbaringlah lalu tahan lutut di atas dada dengan kedua  tangan. Goyang-goyangkan tubuh ke kanan dan ke kiri untuk hasil lebih maksimal. Biar enak,  kamu bisa sambil tarik dan membuang nafas sampe beneran jadi rileks.

5. Pose kepala di kaki 
Whoa, cara mengatasi nyeri haid yang terakhir terdengar aneh tapi percayalah, ini gampang  kok! Gerakan ini, mampu melepaskan ketegangan pada tubuh bagian atas; termasuk perut atau  rahim yang lagi ngamuk gara-gara menstruasi, dan bagian bawah seperti kaki dan sekitar  punggung Charm Girls!  

Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel
Gerakan Kepala di Kaki

 Caranya, ingat gerakan jadi gunung sebelumnya? Nah, mulailah dengan seperti itu. Berdirilah  dengan kedua kaki kamu bersama-sama, dan pastikan kaki kamu membawa berat badan kamu  secara merata sehingga kamu merasa nyaman dan seimbang di kaki.  

Lalu, tariklah nafas untuk mulai menempelkan wajah ke lutut ; kamu bisa coba meraih mata  kakimu. Tahan nafas selama tiga hitungan, kemudian kamu bisa kembali berdiri seperti gerakan  gunung. Gerakan ini boleh kamu lakukan secara perlahan. Pas pertama kamu coba pasti kamu  ngerasa susah, Charm Girls. Tapi kalau udah lebih sering lakuin gerakan ini pasti lebih gampang  deh.. 

Gimana, Charm Girls. Seru banget kan gerakan-gerakan mengurangi nyeri haid di atas? Nah,  kamu bebas loh mau lakukan yang mana dulu, yang penting kamu tetap aktif ya. Jangan biarkan  tubuhmu jadi kaku-kaku. Setelah melakukan gerakan ini segera mandi dan ganti pembalut, ya!  Biar segar dan tetap bersih! Have fun, Charm Girls!