Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan

4 min read

Yuk bisa yuk! 

Charm Girls, saat menstruasimu datang memang bukan hal yang mudah. Gejala menstruasi yang muncul seringkali membuatmu sakit kepala, kram pada perut, nyeri punggung, nyeri badan, sampai merasa sakit pada payudara. 

Ini mungkin jadi alasan kamu dan cewek lain untuk rebahan sepanjang hari dari pada ke sana kemari! Tapi taukah kamu, bahwa dengan melakukan olahraga saat haid bisa mengurangi gejala menstruasi.

Hal ini dikarenakan bila tubuh kita berolahraga bisa meningkatkan sirkulasi dan efektivitas darah, sehingga Charm Girls bisa mengurangi gejala menstruasi yang kamu rasakan.
Namun, bolehkah bersepeda saat haid? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga : Olahraga asik di masa menstruasi

Untuk mengurangi gejala menstruasi, Charm Girls bisa banget melakukan olahraga bersepeda. Asalkan kamu harus rutin bersepeda dengan cara yang benar dan aman. Terutama di masa pandemi ini, kamu harus memperhatikan keamanan jangan sampai jadi ajang penularan dan penyebaran penyakit ya...

Berikut ini manfaat bersepada yang mesti kamu tau!

1. Olahraga sepeda bisa jadi moodbooster pas masa menstruasi 
Olahraga sepeda itu bagus banget karena tubuh bakal menghasilkan hormon endorfin yang dilepaskan sama otak untuk meringankan rasa sakit yang dialami cewek saat menstruasi. Selain itu, bersepeda dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh otot tubuh, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Nggak usah jauh-jauh, keliling komplek juga oke kok, Charm Girls.

2. Bikin rileks 
Pas hari pertama masa menstruasi, memang lebih bagus kalo Charm Girls beristirahat. Namun habis itu, kamu bisa coba buat bersepeda. Meski nggak gampang, bersepeda dapat melancarkan sirkulasi darah. Jantung akan menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh otot tubuh termasuk rahim. Dengan bersepeda nyeri haid kamu akan berkurang.

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan
Bersepeda Saat Menstruasi Bikin Rileks

3. Menjaga Berat badan
Nah.. siapa sih yang gak suka punya badan ideal? Charm Girls dengan bersepeda secara rutin apalagi dengan intensitas tinggi membantu menurunkan kadar lemak di tubuh lho!
Dengan bersepeda juga meningkatkan metabolisme dan membentuk otot sehingga tubuhmu lebih efektif membakar kalori.

Baca Juga : Tidak boleh berenang saat menstruasi! Mitos atau fakta?

Wah, gimana Charm Girls udah tertarik untuk stay productive dan kalahkan gejala menstruasi mu? Berikut ini tips untuk stay comfort bersepeda walaupun saat menstruasi.

1. Pake pakaian yang nyaman
Gunakan pakaian yang nyaman dengan ukuran yang tidak terlalu ketat, sehingga kamu dapat mudah bergerak, Charm Girls. Makin baik bahan yang digunakan, makin baik efeknya buat kenyamanan tubuh saat bersepeda, kamu harus cobain pake yang bahannya katun atau sintesis!

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan
Pakaian Bahan Katun

Perhatikan juga biar pakaian nggak terlalu ketat di bagian sendi-sendi, ntar bisa-bisa mengganggu aliran darah.

2. Pilih pembalut yang tepat
Pastikan Charm Girls memakai pembalut Charm yang terasa nyaman. Pilihlah pembalut dengan ukuran panjang untuk menghindari kebocoran saat bergerak; pembalut bersayap juga oke banget buat jadi pilihan!

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan
Pilih Pembalut Charm

3. Lakukan pemanasan!
Ini wajib dan pokoknya harus banget. Sebelum bersepeda, jangan lupa melakukan peregangan otot (stretching) untuk mengurangi kram perut yang sering terjadi saat masa menstruasi.

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan
Melakukan Peregangan Otot

Selesai bersepeda jangan lupa lakukan hal ini Charm Girls:

Minum air putih
Bersepeda boleh, dehidrasi jangan dong~ Pastikan kamu minum air putih yang cukup sebelum, saat, dan habis bersepeda ya. Kalo nggak cukup minum air putih, habis sepedaan bukannya sehat, yang ada makin parah gejala menstruasi kamu, Charm Girls!

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan
Minum Air Putih

Nggak usah dipaksa, kalo cape ya istirahat!
Bersepeda saat masa menstruasi emang bagus buat kesehatan, tapi jangan sampai terlalu berlebihan, okay? Kalo merasa lelah, mending berhenti sejenak atau sekalian saja sudahi, ya Charm Girls! Hargai juga tubuhmu kalau gak kuat jangan dipaksa! It’s okay~

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan
Istirahat Sejenak

Mandi dan ganti pembalut
Sehabis bersepeda, jangan lupa langsung mandi dan ganti pembalutmu dengan yang baru, ya, Charm Girls. Biar segar maksimal deh. Habis itu kamu bebas deh mau rebahan sambil TikTokan atau lanjut makan~ Bebas..

Tapi baiknya olahraga dilakukan bukan hanya saat menstruasi yah, tapi dilakukan secara rutin minimal 3x dalam seminggu selama 15-30 menit.
Charm Girls akan merasakan perubahan dalam tubuh, setelah rutin melalukan olahraga.

Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan
Mandi dan Ganti Pembalut