Tidak boleh berenang saat menstruasi! Mitos atau fakta?

Tidak boleh berenang saat menstruasi! Mitos atau fakta?

5 min read

Dari sekian banyak olahraga, mana yang paling kamu sukai? Bersepeda keliling kota atau main sepatu roda? Olahraga memang adalah hal bagus untuk bikin tubuh bergerak dan segar daripada rebahan, Charm Girls. Nah, di antara banyak olahraga; ada salah satunya yang suka jadi bahan obrolan bagi para cewek, yaitu:

Berenang!
Hampir semua orang senang berenang, bayangkan segarnya air di kolam renang yang dilengkapi dengan perosotan yang menarik! Banyak banget obrolan yang terjadi tentang berenang, apalagi untuk cewek yang lagi dapet atau berada di periode menstruasi. Beberapa orang bilang boleh, beberapa orang lainnya sih menolak dengan keras. Alhasil, jadi banyak perdebatan. Alasannya sih beragam banget, mulai dari mitos, omongan dari orang-orang atau lainnya. 

Yuk, daripada penasaran dan bertanya-tanya kenapa; mending kamu lihat penjelasan berikut, deh, Charm Girls!

Baca Juga : Aktif berolahraga walaupun lagi ‘dapet’

Darah bisa keluar dan bercampur dengan air kolam? Oh, no!
Wah, apakah air kolam bisa menjadi warna merah darah? Mari kita buka buku fisika! Pas kamu berenang, tekanan air di dalam kolam renang ternyata lebih tinggi dibandingkan di dalam vagina; sehingga darah bakalan terhambat dan jadi susah keluar dan bocor. Jadi, darah yang bercampur dengan air kolam itu mitos!

Tidak boleh berenang saat menstruasi! Mitos atau fakta?
Darah Menstruasi Keluar Saat Berenang

Beda cerita sih kalo masa menstruasi kamu lagi di hari kedua atau ketiga, which is darah lagi banyak-banyaknya, kemungkinan darah keluar saat berenang tetap ada karena tekanan dari dalam yang begitu kuat, Charm Girls. Eh, walaupun menyebar; air kolam renang kan sudah diberi klorin untuk melindungi orang yang berenang dari penyakit dan cairan seperti keringat atau air pipis. 

Tapi ada baiknya kamu pertimbangkan lagi sih, Charm Girls. Saat masa menstruasi tentunya kamu bakal pake pembalut bukan? Pas berenang di kolam, pembalut nggak hanya akan menyerap darah; namun juga air kolam. Pembalutmu bakal auto penuh, mengembang, dan penuh dengan air. Nggak nyaman!

Kamu mungkin bisa gampang sakit
Ya, bener banget. Air kolam renang penuh dengan banyak bakteri, Charm Girls. Masa menstruasi memang akan membuat daya tahan tubuh kamu menjadi sedikit lebih lemah, belum lagi air dinginnya kolam dengan matahari yang terik yang bisa membuat tubuhmu bekerja lebih ekstra, dan ditambah lagi dengan berenang tuh termasuk olahraga yang berat. 

So, pastikan kamu dalam kondisi yang fit biar tetap bisa bersenang-senang, ya, Charm Girls! 

Berenang bisa bikin infeksi?
Kabar baik! Faktanya, sangat kecil kemungkinan buat kamu mengalami infeksi vaginal gara-gara berenang saat menstruasi, Charm Girls. Infeksi yang paling umum karena berenang hanya infeksi kulit dan sakit perut kalo air kolam terminum terlalu banyak.

Tidak boleh berenang saat menstruasi! Mitos atau fakta?
Bakteri di Kolam Renang

Klorin di kolam renang mungkin saja bikin jamur atau vaginosis bakteri menyerang, tapi kamu nggak perlu panik. Segera bilas dengan air bersih yang mengalir, ya, Charm Girls. 

Oh, ya. Lagi dapet atau tidak, setelah berenang lebih baik kamu segera mandi untuk bilas dan jangan kelamaan pakai baju renang yang basah, okay?

Awas jadi sasaran hiu!
Eits, hiu-hiu yang suka menyerang manusia ke pantai itu cuma ada di film kok! Dikutip dari Popular Science, ternyata hiu bisa membedakan mana darah menstruasi, mana darah biasa ataupun air pipis, lendir, keringat ataupun cairan tubuh manusia apapun zat yang memiliki kandungan asam amino.

Walaupun kamu berenang di laut dalam keadaan dapet sekalipun, predator tuh nggak bakal tertarik sama kamu, karena manusia memang bukan favorit para hiu. Hiu-hiu pasti lebih memilih makanan yang lebih enak seperti ikan!

Tidak boleh berenang saat menstruasi! Mitos atau fakta?
Hiu Bisa Membedakan Darah Menstruasi

The Shark Research Institute juga udah meneliti fakta ini selama bertahun-tahun dan nggak menemukan korelasi antara berenang pas masa menstruasi dan dengan hiu yang lapar.

Berenang bikin kram
Eits, berenang tuh sama kok seperti olahraga lainnya yang dapat membuat tubuh lebih bugar! Asal kamu nggak melakukannya secara berlebihan, tubuh akan mengeluarkan endorfin yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami, Charm Girls.

By the way, jangan lupa lakukan pemanasan sebelum berenang, yah!

Jangan berenang, kamu bisa hamil
Ini dia, sebuah isu yang viral banget. Charm Girls! So, berenang nggak akan membuat seorang cewek hamil, nggak bakal! Pertama, kamu harus tahu banget bahwa kehamilan baru akan terjadi ketika sperma berhasil membuahi sel telur yang telah matang di tuba falopi, di rahim; dan yang kedua kehamilan hanya mungkin terjadi jika air mani dikeluarkan langsung ke dalam vagina atau setidaknya dekat dengan vagina, dari sekian banyak hanya satu sperma dengan kualitas baik yang bisa membuahi sel telur.

Tidak boleh berenang saat menstruasi! Mitos atau fakta?
Berenang Saat Mentruasi Tidak Menyebabkan Kehamilan

Ya, kehamilan memang sedikit kompleks… 

Dan saat berenang, hanya bersentuhan kulit dengan anak cowok nggak bakal bikin kamu hamil…

Walaupun, tanpa sepengetahuan kamu; kalau sperma diejakulasikan di dalam air, misalnya di kolam renang dan tentunya bakal bercampur dengan air kolam. Percayalah, sperma tersebut nggak bisa bertahan hidup lama dan akan mati seketika. Apalagi kan air kolam sudah dicampur klorin/bahan kimia. 

Sperma juga nggak bisa menembus pakaian renang kamu, Charm Girls.

Sisanya, mau berenang saat masa menstruasi atau tidak; semua tergantung pilihanmu, ya, Charm Girls. Kalo kamu memilih untuk tetap berenang, please untuk langsung ganti pembalut yang baru dan kering ya… Kalo nggak mau berenang, juga nggak apa-apa! Kamu berhak milih mana olahraga yang membuatmu nyaman, asalkan kamu tetap bergerak aktif dan sehat!