4 alasan wanita haid tidak boleh puasa, apa Charm Girls tahu?

4 alasan wanita haid tidak boleh puasa, apa Charm Girls tahu?

4 min read

Asyik, bulan yang paling ditunggu-tunggu datang lagi nih. Buat para Charm Girls yang udah nggak sabar untuk puasa, sini ngumpul! Membayangkan semua keseruan yang bakal terjadi emang bikin kamu excited sendiri, mulai dari sahur dengan keluarga atau buka bersama bareng teman-teman. 

Namun, sebagai anak perempuan; khususnya yang udah merasakan datangnya masa menstruasi pertama kini pasti punya beberapa hari dalam satu bulan nggak bisa puasa. Ini semua wajar kok, kan masa menstruasi memang terjadi setiap 25 hingga 38 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Baca Juga : Resep dessert box yang bikin mood bagus pas masa menstruasi

Nah, ketika agama nggak memperbolehkan untuk puasa, ternyata untuk beberapa alasan… Puasa ketika kamu lagi di masa menstruasi juga nggak baik, bagi tubuh lho, Charm Girls. Penasaran? Mending kamu langsung lanjut scroll ke bawah!

1. Kamu lagi pendarahan!
Terdengar seram namun seperti itulah adanya. Menstruasi emang nggak lain dan bukan adalah sebuah proses di mana terjadinya pendarahan pada dinding rahim yang mengalir keluar melalui vagina. Pas masa menstruasi ternyata ada cukup banyak darah yang dikeluarkan oleh tubuh lho, hal ini tentu juga membuat berbagai zat gizi, terutama zat besi jadi sedikit. 

Zat besi ini penting banget untuk membentuk sel darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ dalam tubuhmu dapat bekerja dengan baik. Bayangkan ketika zat besi dalam tubuh cuma sedikit; badanmu akan lemas bukan main! Oleh karena itu kamu butuh asupan makanan tambahan yang kaya dengan zat besi, seperti daging dan kacang-kacangan ataupun vitamin.

4 alasan wanita haid tidak boleh puasa, apa Charm Girls tahu?
Tubuh Banyak Mengeluarkan Darah

Kalo kamu berpuasa, ditambah kekurangan zat besi dan nggak bisa makan… Bisa-bisa kamu auto pingsan, Charm Girls! Duh, jangan sampai ya!

2. Craving Makanan Nggak Sehat
Lanjutan dari kekurangan zat besi nih, Charm Girls. Jadi, saat kekurangan salah satu zat penting, tubuhmu bakal kebingungan dan mengirimkan sinyal yang ‘ngaco’ ke otak. Oleh karena itu, kamu akan mengira kamu butuh makanan-makanan yang nggak sehat kalo dikonsumsi terlalu banyak, Charm Girls.

4 alasan wanita haid tidak boleh puasa, apa Charm Girls tahu?
Tubuh Craving Makanan Gak Sehat

Mulai dari, es krim, makanan tinggi lemak dan garam seperti junk food dan gorengan. Percuma kalo kamu maksa untuk puasa terus berbuka dengan makanan yang nggak sehat. Gizi dan zat besi semakin nggak terpenuhi, tapi badan tetap craving

So, walaupun nggak puasa, bukan berarti kamu bisa makan sembarangan. Harus tetap pilih yang bergizi ya, Charm Girls!

Baca Juga : Jangan dimakan, hindari beberapa makanan ini saat masa menstruasi

3. Kedinginan dan Anemia
Saat jumlah zat besi pada tubuh sedikit, kamu akan kekurangan oksigen; lalu peredaran darah pada sistem gerak seperti tangan dan kaki bakalan terganggu. Saat ini terjadi, kulitmu bakal menjadi pucat dan tangan serta kaki jadi dingin. Perhatikan dengan baik, ya Charm Girls.

4 alasan wanita haid tidak boleh puasa, apa Charm Girls tahu?
Merasa Kedinginan dan Anemia

Suhu tubuh normal kan harusnya 36–37 Celsius, namun saat tubuh kekurangan zat besi; tubuhmu bakalan berasa lebih dingin. Walaupun kamu mencoba menghangatkannya pakai kaos kaki atau berlapis, tentu saja nggak begitu berpengaruh. Puasa bersamaan dengan masa menstruasi terjadi akan membuatnya lebih buruk, lho! 

Sudah lemas dan dingin, bahaya banget kan?

4. Gampang sakit
Banyak hal yang terjadi di tubuhmu pas masa menstruasi. Mulai dari jumlah hormon estrogen yang mengalami penurunan sehingga otak nggak bisa meredakan rasa sakit hingga prostaglandin dalam tubuh yang memicu nyeri haid seperti kram perut, diare, mual, muntah, dan rasa tidak nyaman lainnya. Penyakit-penyakit rasanya jadi siap mengintai kamu.
 

4 alasan wanita haid tidak boleh puasa, apa Charm Girls tahu?
Tubuh Mudah Sakit

Mangkanya kamu butuh banget asupan makanan sehat dan vitamin yang nggak mungkin didapatkan pas kamu sedang berpuasa, Charm Girls.
-
Ingat, puasa yang bolong nanti harus dibayar lho di waktu yang sudah tidak menstruasi lagi. Tetap semangat, ya Charm Girls!