Berhubungan intim saat masa menstruasi, bolehkah?

Berhubungan intim saat masa menstruasi, bolehkah?

4 min read

Terlepas dari berapapun usia Anda, masa menstruasi akan membawa perubahan emosi yang  berbeda-beda bagi setiap wanita. Beberapa wanita akan merasa lebih sensitif dan ingin  sendirian sementara beberapa lainnya menjadi sangat manja serta ingin disayang; apalagi oleh  pasangan. 

Hayo, Parents masuk kategori yang mana nih? 

Berhubungan intim merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan suami istri.  Namun ada kalanya, seorang wanita yang telah menikah mesti menghalangi niatnya untuk  bercinta dengan suami ketika lagi masa menstruasi. Emang sih, sebagian wanita mungkin masih  merasa takut dan ragu untuk melakukan hubungan di saat menstruasi bahkan juga masih  menganggap hal tersebut tabu untuk dilakukan. 

Baca Juga : Ini penyebab miss v perih saat masa menstruasi!

Berhubungan suami istri saat menstruasi dari kacamata medis. 

Berhubungan seks saat datang bulan sebenarnya boleh saja dilakukan meski ada risiko yang  bisa saja terjadi, apalagi jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, mari kita lihat apa  saja faktanya.

1. Meringankan kram masa menstruasi 

Ketika berhubungan saat datang bulan, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, terutama  saat mencapai orgasme. Hormon endorfin merupakan hormon yang bisa memicu munculnya  perasaan senang dan mengurangi rasa nyeri, termasuk nyeri kram perut. 

Berhubungan intim saat masa menstruasi, bolehkah?
Manfaat Berhubungan Intim 

2. Bye stress~ 

Selain hormon endorfin yang membuat bahagia untuk mengatasi berbagai keluhan fisik, tidak  sedikit wanita yang juga merasakan perubahan mood, seperti mudah emosi, sedih, atau bahkan  depresi. Kasih sayang melalui berhubungan saat haid bisa membuat kondisi psikologi lebih baik. 

3. Masa menstruasi cepat selesai 

Hal ini dikarenakan berhubungan saat haid dapat merangsang pelepasan jaringan dinding rahim  dan kontraksi otot dinding rahim, sehingga darah haid dan sel telur yang tidak dibuahi lebih  cepat keluar. 

4. Memberikan kepuasan lebih 

Berhubungan seks saat menstruasi juga diketahui bisa memberi kepuasan lebih karena terjadi  perubahan hormon pada wanita di masa menstruasi yang membuat merasa lebih bergairah.

Selain memberikan manfaat, Anda juga harus mempertimbangkan risiko berhubungan saat  menstruasi, ya, Parents

 

Infeksi penyakit menular seksual 

Ketika berhubungan intim saat menstruasi, penis akan bersentuhan langsung dengan darah  haid yang keluar. Kuman dan virus yang terdapat pada darah tersebut bisa menular ke  pasangan, lho, Parents

Berhubungan intim saat masa menstruasi, bolehkah?
Efek Samping Berhubungan Saat Haid 

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak berhubungan seks saat haid, terlebih bila memiliki  penyakit tertentu yang bisa menular melalui darah atau air mani, seperti HIV, gonore, sifilis,  atau hepatitis B. 

Infeksi jamur vagina 

Vagina memiliki kadar keasaman atau pH normal berkisar antara 3,8–4,5. Namun, selama  menstruasi, kadar pH tersebut akan meningkat dan hal ini bisa memicu perkembangan jamur di  area vagina dan menyebabkan infeksi jamur vagina. 

Kehamilan 

Sebagian orang mungkin meyakini bahwa seks saat menstruasi tidak menyebabkan kehamilan.  Padahal, belum tentu. Berhubungan seks saat menstruasi, ternyata memiliki peluang untuk  menciptakan kehamilan walaupun lebih kecil bila dibandingkan dengan masa subur.

Kalo masih mau berhubungan saat menstruasi, ada tipsnya kok! 

1.Pastikan pasangan tidak merasa risih atau kurang nyaman agar hubungan seks tidak  terganggu. Komunikasikan baik-baik dengan pasangan ya! 

2. Hindari melakukan hubungan seks saat darah haid sedang mengalir dengan deras, seperti  hari pertama atau kedua menstruasi. Sabar sebentar~ 

3. Gunakan alas seperti handuk bersih yang lembut di atas tempat tidur untuk menghindari  noda darah di permukaan ranjang.  

4. Bisa jadi waktu yang seru untuk eksplorasi posisi seks dengan pasangan. Cobalah beberapa  posisi seks, misalnya posisi misionaris, yang dapat membatasi keluarnya darah. Bercinta di  bawah shower kamar mandi juga bisa menjadi pilihan, darah haid tidak akan tercecer karena  akan langsung tersapu air.  

Berhubungan intim saat masa menstruasi, bolehkah?
Tips Aman Berhubungan Saat Haid 

Bagaimana, tertarik untuk berhubungan saat menstruasi? Semuanya kembali menjadi pilihan  bagi Anda dan pasangan kok! Seks memang bisa menambah keintiman dalam hubungan rumah  tangga, tetapi jangan sampai ini menjadi beban, yah. Jaga komunikasi dengan pasangan~