Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?

Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?

5 min read

Charm Girls saat masa menstruasi ditambah cuaca yang panas emang cocok banget minum  yang seger-seger. 

Bisa dibilang Indonesia tuh negeri seribu es, lho. Bayangin, mulai dari minuman es tradisional  seperti es campur, es cendol, es dawet, es pisang ijo, es doger dan es cincau; belum lagi yang  kekinian seperti boba, milk tea atau thai tea. Semuanya pakai es dan pasti seger banget, apalagi  dikonsumsi di siang hari. 

Nah, pernah gak saat mau minum es. Bunda, Tante atau Nenek bilang "Jangan minum es lagi  mens, nanti darah mens nya jadi beku!"

Baca Juga : Perubahan emosi menjelang masa Menstruasi, fakta atau mitos?

Lalu bolehkan minum es saat masa menstruasi? 

Pas lagi dapet rasanya banyak banget nggak bolehnya yah; nggak boleh ini dan nggak boleh itu.  Termasuk minum es di saat menstruasi. Seperti Charm Girls tau, menstruasi adalah sebuah  proses meluruhnya dinding rahim yang punya banyak pembuluh darah. Sebagian orang  beranggapan bahwa saat minum es yang bersifat dingin akan menyebabkan darah membeku  selama haid. 

Tapi sebetulnya itu hanyalah mitos, berikut ini penjelasannya: 

1. Makanan dan minuman; termasuk es yang kamu minum akan dicerna oleh sistem  pencernaan. 

Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?
Proses Sistem Pencernaan 

 Charm Girls, pada inget pelajaran biologi kan? Kalo diurutkan sistem pencernaan di mulai dari  mulut, lalu kerongkongan, dilanjutkan ke lambung, kemudian melalui usus kecil dan usus besar,  dan berakhir di rektum dan anus menjadi kotoran, dimana kamu bisa BAB atau cuma buang air  kecil doang! 

2. Masa menstruasi dan semua prosesnya terjadi di sistem reproduksi! 

Sistem reproduksi cewek sih punya siklusnya sendiri, yang artinya sistem tersebut selalu  berulang dan berkaitan satu sama lain. Nah, untuk menstruasi, organ yang sangat punya peran  tentunya adalah ovarium, tuba falopi, rahim, dan leher rahim. 

Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?
Proses Sistem Reproduksi

Sehingga, proses pencernaan dan proses reproduksi ini sangat berbeda. Tidak ada  hubungannya Charm Girls. Nah, selain sistem organ yang nggak saling berhubungan, hormon di  sistem pencernaan dan reproduksi itu juga berbeda lho! 

Untuk keseimbangan sistem reproduksi itu membutuhkan hormon estrogen dan progesteron.  Sedangkan untuk sistem pencernaan akan mengandalkan gastrin, ghrelin, motilin,  cholecystokinin dan enterogastrone. Wah, nama-namanya cukup asing ya! 

Selain membandingkan antara kedua sistem pencernaan dan reproduksi, ada beberapa hal  yang bisa bantu kamu untuk mengetahui. Mitos atau fakta saat haid tidak boleh minum es ini!  Yuk… mari dipahami bersama, Charm Girls! 

1. Tubuh bisa mengatur suhu 

Tubuh tuh memang sudah didesain sedemikian rupa. Apalagi, kalo cuma gara-gara minum es.  Biasanya suhu tubuh tuh akan naik apabila kamu abis berolahraga, demam dan kena infeksi  atau diabetes; dan akan menurun ketika kamu ada di tempat tinggi dan dingin, kehujanan,  dehidrasi atau kekurangan gizi! Bukan gara-gara es, ya, Charm Girls. 

Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?
Bolehkah Minum Es Saat Menstruasi 

2. Minuman es, dinginnya cuma sampe tenggorokan aja 

Suhu dingin dari air es sebenarnya cuma bakalan kerasa sampai tenggorokan aja, kok, Charm  Girls. Pas air es turun ke lambung dan menjadi satu dengan cairan tubuh lainnya, maka suhu air  tersebut akan menyesuaikan kok! 

Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?
Mitos Atau Fakta Saat Haid Tidak Boleh Minum Es

3. Apakah betul minum es saat menstruasi memicu kista? 

Kista dan kanker rahim tuh bisa terjadi karena ada pertumbuhan sel abnormal di tubuh cewek;  atau paling nggak gara-gara gaya hidup yang buruk atau genetik, Charm Girls. Nggak ada  hubungannya sama sekali dengan apa yang diminum, apalagi es.  

Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?
Apakah Betul Minum Es Saat Menstruasi Memicu Kista 

Lega kan? 

Nah, sekarang lebih tenang kan! Jadi, kamu boleh-boleh aja sih minum es saat masa  menstruasi; tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih! 

1. Minum es boleh, tapi jangan minuman manis berlebih yah 

Apapun keadaannya, minuman manis yang berlebih nggak bagus buat tubuh. Sebut aja, soda,  sirup, atau kental manis. Kalau kebanyakan, kamu malah bisa kena penyakit seperti diabetes,  lho! Jadi, air putih yang dingin adalah pilihan yang bagus banget, Charm Girls. 

2. Jangan mengunyah es batu 

Hayo, siapa yang suka makan es batu? Kurang-kurangi kebiasaan ini, dong, Charm Girls.  Mengunyah es batu bisa bikin gigi dan gusi jadi rusak, serta menghancurkan tambalan yang  sudah ada. Kamu juga mungkin akan mengalami nyeri pada otot-otot rahang atau gangguan  pada sendi rahang.

3. Memakai air hangat masih direkomendasikan  

Minum, mandi, atau kompres air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh  dengan memperluas arteri dan vena yang membantu aliran darah yang tepat dalam tubuh,  Charm Girls. Hal ini lebih lanjut membantu dalam mengurangi nyeri otot dan mengendurkan  otot, jadi nyeri pas masa menstruasi bakalan lebih baik. 

Saat masa menstruasi tidak boleh minum es?
Minum Air Hangat Dapat Mengurangi Nyeri Haid 

Nggak usah takut dengan minum es lagi saat masa menstruasi, ya, Charm Girls. Tetap bisa kok  minum es asal sesuai dan tidak berlebihan. Tetap semangat dan jaga kesehatanmu!