Bolehkah minum soda saat masa menstruasi?

Bolehkah minum soda saat masa menstruasi?

3 min read

Soda, si segar yang bikin haus lega! 

Siapa sih yang nggak kenal dengan soda? Apalagi kalo kamu suka jajan online atau ke tempat  makan fast food gitu, pasti kamu akan menemui minuman bersoda. Rasa soda yang manis dan  sensasi berbuih di mulut membuat minuman soda lebih menarik ketimbang minuman lainnya,  apalagi kalo dikasih es batu.... 

Minuman bersoda (soft drinks) memiliki kandungan air berkarbonasi, kafein, dan gula. Jenis  minuman ini terbukti memiliki kandungan gula tinggi, yang kadarnya mencapai 10 gram per 100  milliliter. Minuman soda juga mengandung kalori yang tinggi namun rendah nutrisi.

Meskipun rasanya manis nan menyegarkan, apalagi pas diteguk di siang hari yang terik;  minuman soda ternyata tidak baik bagi kesehatan, terlebih lagi apabila kamu lagi dapet! - 

Loh, katanya minum soda bagus diminum saat masa menstruasi? 

Air soda tidak bagus untuk masa menstruasi~ 

Banyak yang bilang soda bisa memperlancar keluarnya darah sehingga siklus masa menstruasi  bisa lebih cepat beres. Padahal kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalamnya dapat  memperburuk gejala haid, seperti yang kamu alami; entah kram perut, perut kembung, sakit  kepala, dan lainnya. 

Baca Juga : Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!

Wajar aja, pas sedang haid, kamu mungkin punya keinginan untuk ngemil makanan yang manis manis atau gurih. Kondisi ini dinamakan food craving, Charm Girls. 

Dari sebuah Journal of Taibah University Medical Sciences, minum minuman soda saat  menstruasi justru dapat menyebabkan kondisi penyempitan pembuluh darah atau dalam dunia  medis dikenal dengan istilah vasokonstriksi. Akibatnya, dapat meningkatkan rasa sakit perut  yang kamu alami saat masa menstruasi, Charm Girls. 

Bukannya melancarkan haid, minum minuman soda dapat meningkatkan tekanan darah dan  detak jantung sehingga menyebabkan kecemasan dan ketegangan. Akibatnya, kamu jadi  merasa lebih tidak nyaman saat masa menstruasi. 

Di samping itu, kebanyakan gula bisa bikin sistem kekebalan tubuh jadi nggak seimbang  sehingga kamu mudah lelah dan nggak berenergi. Lemes gitu deh! 

Memang sih, kombinasi gula dan lemak memang bisa meningkatkan serotonin atau zat kimia  otak yang membantu menenangkan kamu, Charm Girls. Namun, kamu harus waspada terhadap  dampak yang terjadi akibat keseringan minuman soda pelancar haid. Masih banyak kok minuman segar pengganti soda yang nggak kalah sehat! 

Infused water 

Air yang dicampur dengan potongan buah seperti lemon atau stroberi dan daun mint, nih,  cocok banget buat masa menstruasi. Selain segar, infused water yang dikombinasikan dengan  aneka buah segar juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Buah-buahan mengandung vitamin  bersifat antioksidan yang bisa menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas! 

Bolehkah minum soda saat masa menstruasi?
Minuman Infused Water Saat Haid 

Air kelapa 

Air kelapa tuh sehat karena kandungan elektrolit, klorida, kalsium, kalium, natrium, dan  riboflavin. Setelah beraktivitas, cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas bisa diganti  dengan mengonsumsi air kelapa! 

Bolehkah minum soda saat masa menstruasi?
Air Kelapa

Teh kombucha 

Teh kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian  ditambahkan mikroba pemula yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi yaitu  Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp. Rasanya teh kombucha  tuh cita rasa yang asam menyerupai seduhan cuka apel. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin  menyesap minuman segar tapi tetap menyehatkan, Charm Girls. 

Bolehkah minum soda saat masa menstruasi?
Manfaat Teh Kombucha 

Jadi, kesimpulannya, bolehkah minum soda saat haid… Jawabannya adalah, lebih baik kamu  mencari minuman yang lain, ya, Charm Girls. Anggapan bahwa minuman soda pelancar haid  dapat mempersingkat siklus menstruasi tuh cuma mitos.  

Kalo mau haid lancar sih kamu harus melakukan olahraga secara rutin, menjaga berat badan,  hingga mengonsumsi makanan bergizi kaya vitamin B dan D!