Tutorial cara pakai pembalut, check~

Tutorial cara pakai pembalut, check~

4 min read

Yeay! Saat kamu membaca ini, berarti kamu sedang mempersiapkan atau bahkan sudah mengalami menstruasi pertama, bukan? Selamat ya, Charm Girls. Sebagai perempuan, kamu harus tahu cara menggunakan pembalut agar kegiatanmu sehari-hari tetap bisa berjalan dengan normal. Sebelum dibahas lebih lanjut, yuk kita cari tahu apa itu pembalut.

Sekilas tentang pembalut
Pembalut adalah sebuah bantalan kapas empuk yang berbentuk persegi panjang dan mampu untuk menyerap darah selama masa menstruasi berlangsung. Pembalut pada umumnya memiliki perekat agar bisa ditempelkan di pakaian dalammu, Charm Girls.

Baca Juga : 5 rekomendasi jenis pembalut buatmu saat masa menstruasi - Charm Girl's Talk

Karena pembalut ini akan menjadi ‘sahabat’ kamu dalam beberapa puluh tahun ke depan, ada baiknya kamu memperhatikan dengan baik tentang cara menggunakannya agar kamu terhindar dari ‘kebocoran’ dan masalah-masalah lainnya.

Tutorial cara pakai pembalut, check~
  1. Sebelum menggunakan pembalut
    Cuci dan keringkan area kewanitaan terlebih dahulu
    Pastikan kamu mencuci bersih vaginamu dengan air mengalir, pastikan juga kamu membilasnya dengan air dari arah depan lalu ke belakang, ya. Setelah itu, keringkan dengan tisu agar ketika kamu memakai pembalut, area kewanitaan kamu tidak lembab.
  2. Pilih pembalut sesuai dengan kebutuhan
    Banyak banget jenis pembalut yang dapat kamu pilih lho, Charm Girls. Untuk siang hari, kamu dapat menggunakan pembalut dengan label ‘Day’ dan ‘Night’ di malam hari. Mau yang ada sayap atau tidak; tipis atau tidak juga menjadi pilihanmu kok, jadi sesuaikan saja ya!
  3. Membersihkan tangan sebelum memegang pembalut
    Karena area kewanitaan adalah bagian yang sangat sensitif dari bakteri, ada baiknya kamu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Charm Girls.
  4. Cari toilet yang bersih
    Meskipun hal ini terkadang susah ditemukan, kamu bisa menjadikan ini prioritas ya. Toilet yang bersih pada umumnya memiliki tisu dan tempat sampah yang bisa mempermudah kamu, lho.
Tutorial cara pakai pembalut, check~

Saat menggunakan pembalut 

  1. Atur posisi yang nyaman
    Cara yang paling mudah biasanya kamu hanya cukup duduk di kloset, melepas pakaian dalam hingga lutut, tapi kalau ada posisi yang menurutmu lebih nyaman ya nggak apa-apa kok. Oh ya, pastikan pakaian dalammu tidak menyentuh lantai atau sepatu saat kamu melepasnya; nanti kotor!
  2. Buka pembalut dari bungkusnya
    Kamu bisa membuangnya atau menjadikannya kertas lapisan pertama untuk pembalut bekas yang sebelumnya. Hati-hati saat membuangnya, jangan sampai berantakan.
  3.  Lepaskan penutup sayap dan buka perekat panjang dari depan hingga tengah
    Pasang bagian yang memiliki lem ke pakaian dalam kamu. Pembalut harus berada langsung di bagian bawah vagina, tidak terlalu depan atau terlalu belakang untuk mencegah kebocoran.
  4.  Tempelkan pembalut seutuhnya
    Setelah kamu yakin posisinya sudah sempurna, kamu dapat melepaskan sisa perekat lalu melipat sayap, kalau ada, ke bagian bawah luar pakaian dalam. Sayap itu bakal bantu pembalut agar tidak bergeser dari tempatnya, lho.
  5.  Voila, pembalutmu siap digunakan deh!
    Setelah itu, pakai celana dalam kamu seperti biasa deh. Ingat untuk mengganti pembalut 3-4 jam sekali, okay?
Tutorial cara pakai pembalut, check~
Tutorial cara pakai pembalut, check~

 

Saat membuang pembalut

  1.  Bungkus dulu, Charm Girls!
    Wah, ini penting banget sebelum kamu membuang pembalut ke tempat sampah. Bungkus pembalut bekas dengan bungkus pembalut barumu yang tadi. Kamu juga dapat menggunakan tisu, koran bekas, kertas atau kresek hitam. Pokoknya pastikan pembalut bekas kamu tidak terlihat oleh orang lain walaupun sudah dibuang.
  2.  Perhatikan tempat kamu membuangnya
    It’s a big no untuk membuang bekas pembalut ke dalam saluran toilet atau kloset karena mereka tidak dibuat sebagai tempat sampah, Charm Girls. Malah yang ada, saluran tersebut akan tersumbat dan pembalut bekasmu ‘berenang-berenang’ di sana! Nope~
    Kalau kamu tidak menemukan tempat sampah di toilet tersebut, lebih baik kamu membungkus sekali lagi pembalut bekas tersebut dan membawanya keluar; setidaknya sampai kamu menemukan tempat sampah yang sesuai.
  3.  Tetap higienis
    Setelah selesai, jangan lupa cuci tangan lagi, ya Charm Girls. Ingat, bersih pangkal sehat dan cantik!
Tutorial cara pakai pembalut, check~
Tutorial cara pakai pembalut, check~