Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini

Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini

5 min read

Periode menstruasimu sebentar lagi dimulai lagi nih! Menstruasi adalah sebuah siklus normal yang terjadi pada perempuan yang sudah mengalami pubertas, Charm Girls. Proses menstruasi sendiri ditandai dengan adanya darah yang disebabkan peluruhan dinding rahim berbarengan dengan sel telur yang tidak dibuahi.

Ketika masa menstruasi ini tiba, kamu sudah harus menyiapkan pembalutmu sendiri! Karena banyak banget pilihan pembalut yang bisa kamu ambil, ada baiknya kamu cobain untuk memperhatikan 5 hal penting ini. Karena pembalut akan ada di bawah sana, di bagian penting tubuhnya yang sensitif banget. Salah-salah sedikit, malah nanti kamu yang jadi sakit. 

Baca Juga : Charm Girls, ini 5 kesalahan memakai pembalut yang harus kamu hindari! - Charm Girl's Talk

Mendingan langsung kita ceki-ceki, yuk. Mari, Charm Girls!

  1. Daya Serap Pembalut

Masih ingatkan kamu tentang lama masa menstruasi yang dialami oleh setiap perempuan pastinya berbeda-beda? Nah, begitu pula dengan jumlah darah yang akan keluar nanti. Jadi kamu harus lihat-lihat pada setiap pembalut tentang daya serapnya. Kalau kamu merasa darah yang keluar bakal banyak, maka pembalut dengan daya serap yang tinggi harus jadi pilihanmu, ya! Daya serap tinggi pada umumnya ngaruh dengan ketebalan pembalutmu, lho. Jadi kamu harus pinter-pinter menyesuaikannya, okay?


Biar nggak bingung, biasanya dalam kemasan atau bungkus pembalut kamu bisa temukan
kata-kata seperti “ekstra menyerap” atau “menyerap maksimal”, gitu, Charm Girls.
Di seluruh produk Charm sendiri sudah disediakan informasinya di sebelah kiri atas setiap kemasan.

Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini
Pembalut Daya Serap Tinggi

Tertera daya serap, panjang, dan bersayap atau tidak. Untuk daya serap, semakin banyak tetes air yang berwarna, maka daya serap semakin tinggi dan sesuai untuk banyaknya darah yang keluar. Sedangkan panjang pembalut, ada yang untuk siang hari berukuran 23-26 cm dan malam hari berukuran > 29cm.


Kalau ternyata darah yang keluar sedikit, kamu bisa pilih pembalut tipis dengan daya serap yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi, nggak lebay pas dipakai di pakaian dalam deh.

  1. Ukuran
Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini

Untuk kamu yang punya misi utamanya terhindar dari kebocoran, ukuran pembalut harus jadi pertimbangan utama, nich! Kebocoran memang bisa terjadi dari berbagai sisi; kiri, kanan, depan, bahkan belakang. Jadi ukuran pembalut bakal masuk ke dalam daftar pertimbangan kamu, Charm Girls.

 

Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini
Pembalut dengan Ukuran 350 Mm ke Atas

 

 

 

 

 

 

 



Apabila kamu sering mengalami kebocoran dari belakang, maka pembalut dengan ukuran 260 mm sampai 420 mm akan jadi penolongmu, seperti pembalut malam! Tapi tentu saja, makin panjang ukuran pembalut berarti semakin luas juga area permukaan kulit yang bergesekan dengan pembalut, bukan?


Bisa jadi, peluang kulitmu mengalami iritasi juga lebih besar. Kamu harus lebih sering mengganti pembalutmu, deh. Disesuaikan dengan kebutuhanmu, ya, Charm Girls!

  1. Pembalut dengan ekstrak tambahan

Aroma darah pada masa menstruasi memang bikin beberapa perempuan insecure. Padahal, aroma darah menstruasi yang wajar hanya bisa tercium oleh orang dengan penciuman yang sensitif banget! Nah, karena alasan itu lah sekarang ada beberapa jenis pembalut yang ditambahkan dengan parfum untuk aroma yang wangi. 

Untuk yang satu ini, sebaiknya kamu pertimbangkan sebaik-baiknya. Zat pewangi yang digunakan sudah tentu adalah senyawa kimia dan pembalut adalah benda yang langsung bersentuhan dengan bagian yang paling sensitif, Charm Girls. Jadi pilihlah pembalut dengan bahan pewangi alami, seperti wangi daun mint. Bukan yang mengandung zat kimia berbahaya yang bisa mengiritasi area vagina, yang mengakibatkan ruam, gatal atau peradangan, bahkan infeksi dan jamur bisa saja terjadi! Waduh.

Ada sedikit tips nih, kalau memang cemas dengan aroma darah, ada baiknya kamu lebih sering mengganti pembalutmu sehingga darah di bawah sana tidak mengalami oksidasi terlalu lama. Menjaga kebersihan tubuh juga penting, lho Charm Girls. Ohya, apabila kamu menyadari ada yang salah dengan aroma darah pada masa menstruasimu, segera bilang pada orangtuamu, yah.

Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini
Pembalut dengan Pewangi Alami

Kalau kamu takut, kamu bisa pilih Charm Cooling Fresh! bebas pengap dan tetap segar di bagian kewanitaan walau aktifitas di luar ruangan.
Dengan sensasi dingin dan ekstrak daun mint bikin kamu nyaman seharian. Aman digunakan karena sudah ada izin dari Depkes, lho, Charm Girls.

 

 

 

 

  1. Bentuk Pembalut
Membeli pembalut di masa menstruasi, harus tahu 5 hal ini
Berbagai bentuk pembalut

Loh, bukannya pembalut bentuknya sama semuanya? Nah, belum tentu, Charm Girls!
Kamu tentunya ingat bahwa ada pembalut bersayap atau pembalut wings yang anti lepas dan selalu nempel sehingga lebih nyaman digunakan saat beraktivitas, terutama saat lagi olahraga. Tapi, ada juga pembalut tanpa sayap bahkan pantyliner yang memiliki fungsi dan pekerjaannya masing-masing. Bentuk pembalut yang bermacam-macam ini dapat kamu pilih saja sesuai aktivitas dan kebutuhanmu, ya!

 

  1. Sesuai Kebutuhan 

Dan, yang terakhir serta nggak kalah penting, nih! Kamu juga harus memperhatikan bentuk pembalut dengan kebutuhanmu, ya! Beberapa orang mungkin lebih nyaman menggunakan pembalut berukuran sangat panjang. Sementara, sebagian lagi lebih memilih menggunakan pembalut berukuran standar. Ataupun mereka yang lebih senang dengan pembalut bersayap.


Ya, semua kembali lagi sama dirimu, sih! Perhatikan bentuk tubuh, volume darah dan kebiasaanmu sehari-hari, okay? Pintar-pintar memilih saja, ya, Charm Girls!