Ritual sebelum tidur pas lagi masa menstruasi

Ritual sebelum tidur pas lagi masa menstruasi

4 min read

Menstruasi memang sering bikin nggak nyaman, apalagi kalau disertai dengan rasa nyeri dan kram perut yang bikin sulit beraktivitas. Nggak hanya saat siang hari, menstruasi juga kerap bikin nggak nyaman di malam hari. Bahkan menurut penelitian dari National Sleep Foundation, 30 persen perempuan mengalami kesulitan untuk tidur saat menstruasi. Kenapa sih hal itu bisa terjadi?

Ternyata saat haid, tubuh kita mengalami perubahan hormon menstruasi yang menjadikan suhu tubuh lebih panas. Padahal, suhu tubuh seharusnya turun di malam hari agar kita mudah beristirahat. Rasa kram pada perut selama masa menstruasi juga menjadi salah satu faktor utama yang membuat kita kesulitan untuk tidur.

Selain itu, haid juga menimbulkan rasa cemas dan perubahan suasana hati yang sering membuat kita susah beristirahat. Lalu gimana ya, supaya kita bisa pewe dan tidur pulas di malam hari walaupun lagi dapet? Tenang aja, Charm Girls! Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan supaya nyaman dan siap tidur nyenyak sampai pagi di masa menstruasi.

Mandi Air Hangat

1.Mandi air hangat
Percaya nggak sih, kalau mandi air hangat sebelum tidur bisa membuat tubuh lebih nyaman bahkan mengurangi rasa sakit dan nyeri pada perut karena haid? Yep, membasuh tubuh atau mandi dengan air hangat bisa membuat otot rahim yang tegang menjadi lemas dan meningkatkan aliran darah.

Selain membuat tubuh kita lebih rileks, mandi air hangat juga merangsang tubuh untuk memproduksi hormon oksitosin yang mampu membuat suasana hati lebih baik dan positif loh! Jadi kamu bisa istirahat dengan mood yang lebih happy, deh!

Jangan Ngemil Malam

2. Jangan ngemil saat menjelang waktu tidur
Kalau yang satu ini, mungkin sulit dihindari ya Charm Girls? Hehehe. Tapi makan dan ngemil sebelum tidur memang bisa menimbulkan masalah pencernaan dan mengganggu kualitas tidurmu loh. Seperti salah satu tanda-tanda menstruasi pertama, perut kembung atau masalah pencernaan lainnya sering muncul saat menstruasi.

Jadi hindari makanan atau cemilan yang bisa memicu naiknya asam lambung atau membuat sakit perut ya Charm Girls! Saat kamu ngemil menjelang waktu tidur, kamu juga akan mengkonsumsi lebih banyak cairan yang bisa saja membuat kamu harus terbangun di tengah waktu tidur karena harus ke kamar mandi.

3. Buat suasana kamar senyaman mungkin
Selain berdampak pada kondisi fisik, menstruasi juga memberikan dampak secara mental seperti rasa cemas dan perubahan emosi yang berlebihan. Supaya bisa menjaga mood kamu tetap bagus dan bisa tidur nyenyak sampai pagi, kamu harus membuat suasana kamarmu senyaman mungkin nih Charm Girls!

Kamu bisa mengatur suhu ruangan agar tetap sejuk dan nyaman. Kalau kamu suka dengan pewangi ruangan, kamu bisa pilih varian lavender atau vanilla yang menenangkan dan membantu kamu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa untuk mematikan lampu atau menggunakan lampu tidur karena cahaya yang lebih remang mampu membuat kamu lebih rileks dan santai.

4. Lakukan relaksasi
Masih merasa cemas dan kurang pewe? Yuk, coba lakukan relaksasi! Hormon menstruasi memang sering membuat kita sulit tidur tanpa alasan yang jelas. Menurut penelitian, relaksasi sederhana bisa dilakukan sebelum tidur untuk melatih ketenangan diri. Gimana caranya ya?

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan meditasi atau yoga sederhana. Selain untuk relaksasi, hal ini juga bisa meringankan rasa nyeri dan nggak nyaman karena menstruasi loh! Trik lain untuk membuat kamu rileks dan pewe sebelum tidur adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman atau mendengarkan musik pengantar tidur.

Gunakan Pembalut Charm Safe Night.

5. Gunakan pembalut Charm Safe Night
Siapa yang setuju kalau tidur malam pas lagi dapet suka nggak nyenyak karena pembalut terasa nggak nyaman atau takut bocor? Duh, Charm Girls nggak perlu khawatir lagi deh! Dengan pembalut Charm Safe Night, tidur kamu dijamin nyenyak semalaman berkat lapisan yang fleksibel dan lebar, serta cepat menyerap dan lembut di kulit.

Buat kamu yang baru mengalami menstruasi pertama dan bingung memilih jenis pembalut, Charm Safe Night tersedia dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan sehingga nggak perlu khawatir bocor saat tidur di malam hari.