Waktu menstruasi pertama, kok bisa pakaian dalam warnanya pudar?

Waktu menstruasi pertama, kok bisa pakaian dalam warnanya pudar?

4 min read

Charm Girls, kamu pernah nggak punya celana dalam yang warnanya berubah tanpa alasan? Bahkan terkadang warnanya benar-benar pudar dan rusak seperti terkena pemutih pakaian. Padahal sudah kamu cuci, simpan, dan rawat dengan baik, tapi ternyata tetap bernoda di bagian tengah yang menutupi area vagina. Kok bisa ya?
Kalau kamu mengalami hal tersebut, ternyata kamu nggak sendirian, Charm Girls!

Pada dasarnya, vagina normalnya memiliki tingkat keasaman atau kandungan pH mulai dari 3.5 sampai dengan 4.8 pH. Di tingkat keasaman ini, vagina dilindungi oleh bakteri baik yang disebut lactobacili. Untuk melindungi dari bakteri jahat, vagina kita akan membersihkan dirinya sendiri dan mengeluarkan bakteri jahat lewat vagina dalam bentuk cairan yang biasa disebut dengan keputihan.

Nah, menurut penelitian, cairan keputihan tersebut bersifat asam dan bisa menyebabkan celana dalam jadi bernoda. Itulah alasannya kenapa celana dalam kamu jadi memudar warnanya seperti terkena pemutih pakaian, terutama di bagian tengah yang menutupi vagina. Keputihan sendiri sebenarnya hal yang normal kok! Cairan keputihan yang normalnya berwarna putih atau kuning pucat ini biasanya keluar dari vagina saat menjelang masa menstruasi. Keputihan juga bisa muncul setidaknya 6 bulan sebelum perempuan mengalami menstruasi pertama.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cairan keputihan memang hal yang wajar karena fungsinya untuk menjaga keseimbangan pH dan melindungi vagina dari resiko infeksi. Selama warna atau teksturnya tidak mengalami perubahan signifikan dan aromanya tidak berbau menyengat, keputihan tersebut masih dianggap normal. Tapi cairan keputihan yang sifatnya asam dan bisa merusak pakaian dalam memang cukup menyebalkan ya, Charm Girls!

Terus gimana ya caranya untuk menghindari dan menghilangkan noda atau warna pudar pada celana dalam?

1. Ganti pakaian dalam secara rutin
Celana dalam yang berubah warnanya atau jadi bernoda karena keputihan biasanya terjadi karena tidak segera diganti dan dicuci. Cairan dari vagina tersebut mengendap pada lapisan celana dan bisa mengikis bahan hingga mengubah warna dan merusak celana dalam. Selain itu, cairan keputihan yang dibiarkan lama di celana dalam bisa menyebabkan gatal-gatal di area vagina kamu. Jadi jika kamu sedang mengalami keputihan, ganti celana dalam kamu lebih sering secara rutin dan segera bersihkan jika ada noda yang menempel. Hal ini bisa meminimalisir warna celana dalam yang memudar. Kamu juga bisa menghindari pakaian dalam berwarna gelap saat mengalami keputihan, agar efek bleaching tidak terlalu kelihatan.

Waktu menstruasi pertama, kok bisa pakaian dalam warnanya pudar?
Rendam dengan Detergen di Air Dingin

2. Bersihkan dengan air dingin
Salah satu cara mudah untuk membersihkan celana dalam kamu yang terlanjur bernoda adalah dengan merendamnya di air dingin dengan deterjen. Kamu bisa merendam celana dalam di air dingin selama satu hingga dua jam untuk memastikan noda benar-benar terangkat. Hindari merendam di air panas ya, Charm Girls! Karena temperatur air yang panas justru bisa merusak celana dalam.

3. Gunakan baking soda
Kalau ternyata noda bekas keputihan sulit hilang, kamu bisa mencuci pakaian dalam dengan bantuan baking soda. Caranya dengan mengoleskan baking soda secukupnya di area yang terkena noda saat pakaian dalam basah, lalu gosok dengan sikat gigi sampai bekas nodanya hilang.

Setelah digosok dengan baking soda, bilas celana dalam dengan air dingin dan cuci kembali dengan detergen untuk benar-benar menghilangkan noda yang membandel.

Waktu menstruasi pertama, kok bisa pakaian dalam warnanya pudar?
Pakai Baking Soda

Cara di atas juga bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas darah haid yang mungkin menempel pada celana dalam saat mengalami masa menstruasi. Selain karena cairan keputihan, celana dalam juga bisa rusak warnanya karena terkena darah haid yang sulit dihilangkan. Salah satu ciri-ciri darah haid yang normal adalah warna darah yang merah pekat dan menggumpal. Jadi jika terkena celana dalam dan nggak segera dibersihkan, bisa meninggalkan noda yang membandel.

So, kamu nggak perlu khawatir lagi kalau warna pakaian dalam memudar ya, Charm Girls!!
Hal tersebut wajar dan bisa dihindari atau dibersihkan dengan cara-cara di atas.