5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!

5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!

4 min read

Siapa yang suka takut pas masa menstruasi datang terlambat? Kumpul!
Jangan panik dulu dong! Karenanya pada kenyataannya, masa menstruasi yang datang terlambat tuh normal. Emang masa menstruasi tidak selalu datang tepat waktu, di tanggal atau jam yang sama. Kadang bisa lebih awal, kadang bisa telat! 

Kalo bicara tentang normalnya, masa menstruasi terjadi 25-38 hari sekali. Umumnya sih beberapa cewek mungkin memiliki siklus menstruasi setiap 28 hari sekali. Masa menstruasi itu sendiri rata-rata berlangsung dari 3 sampai 7 hari.

Ada banyak orang beranggapan kalo penyebab menstruasi terlambat itu karena hamil. Aneh banget, khan? Padahal, banyak faktor yang membuat masa menstruasi seorang cewek terlambat atau mundur dari jadwal yang semestinya.

Apa saja penyebab menstruasi terlambat, berikut ini penjelasannya:

Baca Juga: Menorrhagia - kelainan menstruasi, penyebab, dan cara menghadapinya

1. Stress
Sekolah, nilai ujian, test, pertemanan, drama-drama kehidupan mungkin bisa jadi penyebab menstruasi terlambat yang dialami Charm Girls. Over-thinking emang susah banget dihindarin, karena banyak banget hal yang kamu rasakan dan alami sekaligus.

5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!
Merasa Stress

Nah, pas kamu stres dan kelelahan, produksi estrogen, progesteron dan berbagai hormon lain di dalam tubuh menjadi kacau. Itu lah penyebab menstruasi terlambat. Stres fisik dan mental emang bikin keseimbangan tubuh jadi berantakan! 

Coba deh atasi stres kamu dengan curhat/berbagi cerita dengan orang yang Charm Girls percaya, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga. Biar happy terus~

2. Diet ekstrim
Seharusnya Charm Girls seusiamu belom butuh diet ekstrim, sih. Tapi, tiba-tiba kehilangan banyak lemak dalam juga dapat membuat tubuh kekurangan energi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang mengatur masa menstruasi. Nah loh, bisa jadi itulah penyebab menstruasi telat atau bahkan tidak sama sekali!

5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!
Melakukan Diet Ekstrim

Baca Juga: 5 tanda, ada yang gak beres dengan menstruasimu

3. Berat Badan Berlebih (Obesitas)
Hayo, siapa yang doyan banget makan nggak sehat sampai punya berat badan yang berlebih? Pasti masa menstruasi kamu juga terganggu. Penyebab menstruasi terlambat! 

Itu semua dikarenakan tubuh bakalan memproduksi hormon estrogen lebih banyak. Akibatnya, dapat menghambat ovulasi (pelepasan sel telur) dan menebalkan lapisan endometrium sehingga darah haid jadi nggak teratur.

5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!
Terkena Obesitas

4. Gangguan Tiroid
Kelenjar tiroid tuh terletak di leher. Ia punya tugas buat ngatur metabolisme tubuh, Charm Girls. Kelenjar tiroid yang nggak aktif atau malah terlalu aktif bisa mempengaruhi produksi hormon yang ujung-ujungnya bikin tubuhmu keganggu! Mulai dari gangguan hormonal seperti penyakit diabetes, sel telur gagal matang, auto imun bahkan penyebab menstruasi terlambat juga!

5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!
Mengalami Gangguan Tiroid

5. Sindrom ovarium polikistik (Polycystic Ovary Syndrome/PCOS)
Ini adalah kelainan hormon dan sistem metabolisme, jadi fungsi indung telur terganggu, Charm Girls. Kondisi ini dapat bisa bikin menstruasi terlambat atau nggak menstruasi sama sekali.

Penyebab PCOS sih belum diketahui secara pasti, tapi diduga PCOS berhubungan dengan kondisi lain, seperti resistensi insulin dan sindrom metabolik. Selain mentruasi terlambat, PCOS bakal bikin jerawat, berat badan meningkat, sulit mendapat keturunan, serta tumbuh rambut berlebih di wajah, dada, dan perut.

5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!
Sindrom Ovarium Polistik

-
Biarpun normal, menstruasi terlambat bisa dianggap hal yang menakutkan oleh beberapa cewek karena kondisi tersebut juga menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit serius. 

Segera bilang orang di rumah, dan minta ke dokter ya kalo kamu mengalami menstruasi terlambat. Seperti masa menstruasi berhenti tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat nggak teratur, haid berlangsung selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar deras banget dan harus ganti pembalut setiap 3-4 jam sekali, okay, Charm Girls!